Wednesday 5 September 2012

Housekeeping


Housekeeping ialah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kenyamanan, kebersihan dan kerapihan kamar tamu agar bisa di jual kembali. Menurut Rumekso, S.E ( 2001 : 223 )”House artinya rumah, gedung, wisma, hotel. Sedangkan “keeping mempunyai arti merawat, menjaga oleh sebab itu Housekeeping di sebut juga Tata Graha”.
Housekeeping (tata graha) adalah bagian dari department yang mengatur atau menata peralatan,menjaga kebersihan,melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapih, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Department housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar tamu. Namun, secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut agar bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh agar dapat terjaga dengan baik.
Fungsi Housekeeping ialah sebagai fasilitas hotel dan menyelenggarakan pembersihan secara teratur terhadap semua kamar tamu, membuat dekorasi baik dalam ruangan ataupun luar ruangan.
Peranan Housekeeping ialah meningkatkan pendapatan hotel serta menjaga citra hotel.

No comments:

Post a Comment