Departemen
Housekeeping terdiri dari beberapa bagian yang menjadi dalam lingkup tanggung
jawabnya, yaitu :
Room Division manager
Room
Division Manager bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan
kamar-kamar hotel.
Executive housekeeper
Executive
Housekeeper bertugas merencanakan program kerja, mengkoordinir pelaksanaan
tugas pekerjaan dihousekeeping, memimpin para supervisor maupun bawahan
housekeeping, mengontrol kerja bawahan, bertanggung jawab atas standar
kebersihan.
Asstant Excecutive Housekeeper
Assistant
Executive Housekeeper bertugas membantu executive housekeeper, mengkoordinir
para supervisor dan bawahan, melaksanakan program kerja, memimpin dan membuat
daftar kerja bawahan, mewakili excecutive housekeeper saat berhalangan,
mengajukan pembelian alat-alat, chemical, perlengkapan tamu, mengontrol
pemakaian alat-alat, chemical, dll.
Order taker
Order
Taker bertugas menerima informasi baik dari luar hotel maupun dari dalam hotel
dan menyampaikannya kepada orang yang berkepentingan tersebut.
Floor atau Geust Rooms
Bagian
ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Bagian ini
bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan
fasilitas umum yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan
dengan memberikan area koridor lantai dalam tanggung jawab public area.
Linen/Uniform
Bagian
ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan
pemeliharaan linen atau lena yang yang digunakan oleh departemen-deprtemen
terkait, seperti Floor section, Banquet dan Food & beverage service dan
uniform untuk pakaian seragam karyawan hotel.
Laundry
Bagian
ini bertanggung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan
pemeliharaan baik untuk Geust Laundry maupun House Laundry adalah linen (lena)
yang digunakan oleh housekeeping maupun departemen lain, seperti banquet sevice
dan F&B service, serta penanganan uniform atau pakaian seragam kerja unytuk
seluruh karyawan hotel.
No comments:
Post a Comment