Friday 3 April 2015

Ruang Lingkup dan Tanggung Jawab Departemen Housekeeping

Departemen Housekeeping terdiri dari beberapa bagian yang menjadi dalam lingkup tanggung jawabnya, yaitu :

Room Division manager
Room Division Manager bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan kamar-kamar hotel.

Executive housekeeper
Executive Housekeeper bertugas merencanakan program kerja, mengkoordinir pelaksanaan tugas pekerjaan dihousekeeping, memimpin para supervisor maupun bawahan housekeeping, mengontrol kerja bawahan, bertanggung jawab atas standar kebersihan.

Asstant Excecutive Housekeeper
Assistant Executive Housekeeper bertugas membantu executive housekeeper, mengkoordinir para supervisor dan bawahan, melaksanakan program kerja, memimpin dan membuat daftar kerja bawahan, mewakili excecutive housekeeper saat berhalangan, mengajukan pembelian alat-alat, chemical, perlengkapan tamu, mengontrol pemakaian alat-alat, chemical, dll.

Order taker
Order Taker bertugas menerima informasi baik dari luar hotel maupun dari dalam hotel dan menyampaikannya kepada orang yang berkepentingan tersebut.


Floor atau Geust Rooms
Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan  pemeliharaan kamar tamu. Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan dengan memberikan area koridor lantai dalam tanggung jawab public area.

Linen/Uniform
Bagian ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan linen atau lena yang yang digunakan oleh departemen-deprtemen terkait, seperti Floor section, Banquet dan Food & beverage service dan uniform untuk pakaian seragam karyawan hotel.

Laundry

Bagian ini bertanggung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk Geust Laundry maupun House Laundry adalah linen (lena) yang digunakan oleh housekeeping maupun departemen lain, seperti banquet sevice dan F&B service, serta penanganan uniform atau pakaian seragam kerja unytuk seluruh karyawan hotel.

No comments:

Post a Comment