Thursday 2 April 2015

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

Public Area Section (Housekeeping) adalah bagian yang bertanggung jawab atas  kebersihan, kerapian, dan kenyamanan tamu hotel di public area. Housekeeping terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1.         Public Area supervisor
2.         Public Area attendant
3.         Night Cleaner
4.         Toilet Attendant
5.         Florist

Public Area Supervisor
Bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room,offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.

Uraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
a.         Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area
b.         b.  Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan   oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist dan meyakinkan   bahwa   pelaksanaan kerja sesuai dengan standard yang ditentukan.
c.         Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
d.         Memeriksa daftar kehadiran Staff public area.
e.         Memeriksa kondisi area umum secara teliti.
f.          Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff.
g.         Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
h.         Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering.
i.           Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agentsdan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
j.           Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
k.         Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
l.           Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, seperti Front office dan Engineering.
m.       Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

Public Area Attendant
Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
Uraian tugas Public Area Attendant adalah sebagai berikut :
a.         Melakukan handing over dengan Night Cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan Public area Attendant Shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.         Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping.
c.         Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
d.         Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau sesudah digunakan.
e.         Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section,.
f.          Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
g.         Menghadiri brlefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
h.         Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
i.           Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

Night Cleaner
Bertanggung jawab terhadap kebersihan Public area pada Night Shift (giliran kerja malam), melakukan tugas pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
Tugas Night Cleaner adalah sebagai berikut :
a.         Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping.
b.         Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.
c.         Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
d.         Menjalankan program general cleaning, shampooing carpet, re-coating marble Floor.
e.         Membantu tugas Floor Section menyiapkan linen di Floor Pantryatau tugas lain.
f.          Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
g.         Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

Toilet Attendant
Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di back Office dan locker room.
Uraian tugas Toilet Attendant adalah sebagai berikut :
a.         Melakukan handing over dengan Shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan Shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.         Membersihkan toilet room di lobby, banquet room, back Office, executive Office, locker room dan ruang lainnya di public area.
c.         Memeriksa dan mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet room.
d.         Melaksanakan program  pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
e.         Menghadiri briefing rutin setiap hari  atau  handing  over, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
f.          Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
g.         Menjalankan tugas yang diberikan oleh Executive Housekeeper/ Assisitant atau Floor Housekeeper.

Florist
Bertanggung jawab terhadap penyediaan bunga-bunga dekorasi untuk public area, seperti di lobby, FO counter, restaurant, kamar tamu dan lain-lain.
Uraian tugas Florist adalah sebagai berikut :
a.         Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival List dan mencatat jumlah kamar yang memerlukan penataan bunga.
b.         Menyiapkan rangkaian bunga untuk kamar-kamar, terutama untukVIP dan yang mendapat catatan khusus.
c.         Memeriksa kondisi dekorasi rangkaian bunga di lobby, restaurant, koridor lantai, valet parking desk, GRO desk, Executive Office dan tempat lain bila perlu menggantinya dengan yang baru dan segar.
d.         Bertanggung jawab terhadap seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga.
e.         Memenuhi permintaan khusus untuk penataan dekorasi bunga untuk acara-acara banquet bila diperlukan.
a.         Menghadiri   briefing  rutin   setiap  hari   atau  handing  over,  dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.

f.          Selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian ruang kerja florist.

1 comment:




  1. تعد عملية التنظيف من اهم الخدمات التي يجب ان تكون متوفره دوما ليساعدنا علي حياه افضل لنا جميعا ولكي تتم علي اكمل وجه يجب الاستعانه بمتخصصين في هذا المجال
    تنظيف مساجد بالرياض
    نظرا لما يمتلكون من ادوات وسبل للوصول لاعلي مستوي نظافه ممكن

    ReplyDelete