Public Area
Section (Housekeeping) adalah bagian yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan tamu
hotel di public area. Housekeeping terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1.
Public Area
supervisor
2.
Public Area attendant
3.
Night Cleaner
4.
Toilet Attendant
5.
Florist
Public Area
Supervisor
Bertanggung
jawab atas kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby,
F&B outlet, meeting room,offices, parking area, swimming pool, public
toilet dan sebagainya, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
Uraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai
berikut :
a.
Bertanggung jawab
terhadap kebersihan public area
b.
b. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas
yang harus dijalankan oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet
Attendant, Florist dan meyakinkan
bahwa pelaksanaan kerja sesuai
dengan standard yang ditentukan.
c.
Melakukan handing
over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing
over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan
mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya
dengan jelas.
d.
Memeriksa daftar
kehadiran Staff public area.
e.
Memeriksa kondisi
area umum secara teliti.
f.
Memeriksa secara
teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah
dikerjakan oleh Staff.
g.
Melengkapi laporan
dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
h.
Membuat laporan
Maintenance Request kepada Engineering.
i.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning
supplies, cleaning agentsdan cleaning equipment baik di area maupun di janitor
room atau Pantry.
j.
Bertanggung jawab
terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents,
supplies dan equipment.
k.
Membuat program
pelatihan (training program)
terhadap Staff Public area secara
rutin.
l.
Melakukan kerjasama
yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan
Laundry, serta dengan departemen lain, seperti Front office dan Engineering.
m.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,
orang lain dan diri sendiri.
Public Area
Attendant
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area sesuai dengan standard
dan prosedur yang ditentukan.
Uraian tugas
Public Area Attendant adalah sebagai berikut :
a.
Melakukan handing
over dengan Night Cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan
Public area Attendant Shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.
Membersihkan lantai
dengan Sweeping dan Mopping.
c.
Membersihkan kaca dan
jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
d.
Menjaga kondisi
meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak
digunakan, akan digunakan atau sesudah digunakan.
e.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section,.
f.
Menghadiri program
pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
g.
Menghadiri brlefing
rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan
berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
h.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
i.
Menjalankan tugas
khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.
Night Cleaner
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan Public area pada Night Shift (giliran kerja malam),
melakukan tugas pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap
tamu, dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
Tugas Night
Cleaner adalah sebagai berikut :
a.
Membersihkan lantai
dengan Sweeping dan Mopping.
b.
Menjaga kondisi
seluruh area umum bersih dan rapi.
c.
Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti
trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
d.
Menjalankan program
general cleaning, shampooing carpet, re-coating marble Floor.
e.
Membantu tugas Floor
Section menyiapkan linen di Floor Pantryatau tugas lain.
f.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
g.
Menjalankan tugas
khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.
Toilet
Attendant
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di
back Office dan locker room.
Uraian tugas
Toilet Attendant adalah sebagai berikut :
a.
Melakukan handing
over dengan Shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over
dengan Shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
b.
Membersihkan toilet
room di lobby, banquet room, back Office, executive Office, locker room dan
ruang lainnya di public area.
c.
Memeriksa dan
mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet room.
d.
Melaksanakan
program pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pembersihan
kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
e.
Menghadiri briefing
rutin setiap hari atau handing
over, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
f.
Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
g.
Menjalankan tugas
yang diberikan oleh Executive Housekeeper/ Assisitant atau Floor Housekeeper.
Florist
Bertanggung
jawab terhadap penyediaan bunga-bunga dekorasi untuk public area, seperti di
lobby, FO counter, restaurant, kamar tamu dan lain-lain.
Uraian tugas
Florist adalah sebagai berikut :
a.
Memeriksa secara
teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected
Arrival List dan mencatat jumlah kamar yang memerlukan penataan bunga.
b.
Menyiapkan rangkaian
bunga untuk kamar-kamar, terutama untukVIP dan yang mendapat catatan khusus.
c.
Memeriksa kondisi
dekorasi rangkaian bunga di lobby, restaurant, koridor lantai, valet parking
desk, GRO desk, Executive Office dan tempat lain bila perlu menggantinya dengan
yang baru dan segar.
d.
Bertanggung jawab
terhadap seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga.
e.
Memenuhi permintaan
khusus untuk penataan dekorasi bunga untuk acara-acara banquet bila diperlukan.
a.
Menghadiri briefing
rutin setiap hari
atau handing over,
dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
f.
Selalu memperhatikan
kebersihan dan kerapian ruang kerja florist.
ReplyDeleteتعد عملية التنظيف من اهم الخدمات التي يجب ان تكون متوفره دوما ليساعدنا علي حياه افضل لنا جميعا ولكي تتم علي اكمل وجه يجب الاستعانه بمتخصصين في هذا المجال
تنظيف مساجد بالرياض
نظرا لما يمتلكون من ادوات وسبل للوصول لاعلي مستوي نظافه ممكن